Lewati ke konten utama
Bosch di Indonesia
Innovation Trailblazers

Perintis Inovasi

Innovation Trailblazers

Inovasi adalah topik yang sering terdengar dalam bisnis global. Menurut kamus Oxford, inovasi adalah pengenalan hal-hal, ide, atau cara melakukan sesuatu yang baru. Bosch melihat inovasi sebagai fondasi dasar untuk mendorong masa depan teknologi. Mengembangkan solusi inovatif adalah salah satu prioritas utama kami. Hal ini juga sejalan dengan misi kami: untuk memenuhi kebutuhan masa kini dan masa depan dengan teknologi yang diciptakan untuk kehidupan. Semangat inovasi tumbuh di awal bisnis kami. Bapak pendiri kami, Robert Bosch, memimpin penemuan pengapian magneto melalui percakapan santai yang mencetuskan ide tersebut. Inovator sejati tidak membatasi dirinya hanya untuk mengembangkan perangkat pengapian magneto saja; dia juga menyempurnakannya dengan meningkatkan kinerjanya secara terus menerus. Tidak berhenti sampai di situ, Robert Bosch kemudian menemukan cara baru untuk menerapkan penemuan brilian ini pada mobil, menetapkan terobosan perusahaan pada industri otomotif.

Hingga saat ini, semangat inovasi yang kuat tetap ada dalam pekerjaan dan produk kami. Di Bosch, inovasi terjadi pada tiap detik dan tiap sudut operasi. Bosch menerapkan budaya tangguh yang telah tertanam dalam nilai-nilai perusahaan, dan menginspirasi karyawan di tiap tingkatan untuk melakukan yang terbaik demi kemajuan masyarakat, serta berkembang dalam menghadapi gangguan yang tak terhindarkan di masa depan.

Magneto Ignition Device in 1887
Magneto Ignition Device in 1887

Sejarah inovasi melalui berbagai produk dan solusi

The Evolution of Motorcycle ABS

(i) ABS

Anti-lock Braking System (ABS) adalah salah satu inovasi tertua kami. Mencegah roda terkunci telah menjadi tujuan penelitian sejak awal abad ke-20 – tidak hanya di mobil, tetapi juga di kereta api, dan bahkan di pesawat terbang. Bosch sendiri mengajukan paten pertama ABS pada tahun 1936. Dan pada tahun 1978, Bosch menjadi pemasok pertama yang meluncurkan ABS untuk mobil penumpang. Inovasi ini dikembangkan lebih lanjut dan pada tahun 1995, ABS sepeda motor diperkenalkan. Pada tahun 2018, Bosch meluncurkan eBike ABS – yang pertama dari jenisnya untuk sepeda dengan penggerak listrik yang siap untuk produksi seri ke pasar.

Selama lebih dari empat dekade, Bosch terus berinovasi pada ABS: membuatnya lebih kecil, lebih ringkas, dan lebih bertenaga. Bersamaan dengan itu, ABS meletakkan dasar untuk pengembangan sistem keselamatan berkendara modern tambahan. Sistem kontrol traksi (TCS) dan electronic stability program (ESP®), misalnya, didasarkan pada ABS.

(ii) Proyek Milky Way

Sejalan dengan slogan perusahaan: Teknologi untuk kehidupan, kami menciptakan produk kami dengan tujuan untuk memicu antusiasme, meningkatkan kualitas hidup, dan membantu melestarikan sumber daya alam. Salah satu proyek terbaru 'Milky Way' di Vietnam adalah contohnya. 'Milky Way' adalah kotak pendingin yang dilengkapi dengan teknologi sensor Bosch. Dengan memanfaatkan akurasi dan keandalan sensor Bosch, kotak ini memungkinkan para ibu menyusui untuk memompa ASI di kantor dan menjadwalkan pengiriman susu kepada pengasuh melalui aplikasi web. Rider akan mengambil ASI tersebut dan menyimpannya dalam kotak pengiriman khusus yang dilengkapi dengan sensor Bosch. Sensor di dalam kotak akan memantau berbagai parameter, termasuk kelembaban, suhu, status penutup botol, lokasi, dan kelengkapan kotak, menjaga kualitas dan kebersihan ASI mulai dari pengambilan hingga pengiriman. Hal ini mengatasi kerepotan mencari freezer atau es batu untuk penyimpanan susu. Solusi ini juga memberdayakan dan melengkapi ibu yang bekerja sehingga mereka dapat mencapai keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesional.

Milky Way

Pusat Inovasi Bosch di seluruh Kawasan ASEAN

Sebagai pemimpin inovasi, Bosch ingin membentuk perubahan bukan hanya dari dalam organisasi, namun juga dari luar lingkungan kami. Budaya inovasi Bosch adalah inti dari tiap tindakan, ide, dan penerapan di dalam Grup Bosch. Hal inilah yang melatarbelakangi keberadaan Pusat Inovasi Bosch di seluruh kawasan ASEAN.

Innovation Collage

(i) Grow: Rumah bagi Start-up di Bosch

Grow adalah organisasi global yang memiliki tujuan, pendanaan, metode, dan arahan strategis yang sama untuk mendorong inovasi ke dalam pertumbuhan bisnis baru di luar bisnis inti yang telah ada. Juga berlokasi di Singapura, Grow adalah pusat inovasi Bosch yang bertindak sebagai inkubator internal Bosch dan juga platform untuk perusahaan start-up dan intrapreneur global. Kami bertujuan untuk melanjutkan kesuksesan Bosch dengan menyediakan bisnis besar baru yang menguntungkan dalam skala global yang berkecepatan tinggi. Berdasarkan jaringan tepercaya, Grow menjelajahi pasar, mengidentifikasi masalah yang relevan, dan menawarkan platform untuk secara sistematis mengembangkan tim berkinerja tinggi yang meninggalkan jejak nyata dalam sejarah manusia. Dengan kata lain, melalui pusat inovasi ini, Bosch menawarkan kepada semua start-up sebuah rumah profesional di mana semua start-up ditantang dan didorong untuk tumbuh menjadi bisnis yang sukses.

(ii) Rumah Inovasi Bosch di Thailand

Di Thailand, Bosch memiliki dua rumah inovasi yang terletak di dalam ekosistem inkubator bisnis. Yang pertama ada di True Digital Park dan yang kedua di Taman Sains dan Teknologi Universitas Chiang Mai. Kami ingin meningkatkan teknologi di bidang relevansi masa depan dan mendukung kekuatan inovatif, yang membantu mengubah solusi terhubung dan teknologi masa depan menjadi kenyataan. Kedua fasilitas tersebut bertujuan untuk mendorong peluang bisnis yang besar serta meningkatkan transfer pengetahuan dan budaya inovasi di antara sektor swasta, inovator, dan perusahaan start-up.

(iii) Experiential Center Surabaya

Tempat ini adalah konsep baru kantor cabang Bosch di Surabaya yang melayani tiga tujuan utama. Pertama, ini adalah tempat di mana karyawan Bosch dapat bekerja dan mendukung dealer kami. Kedua, sesuai dengan namanya, tempat ini memungkinkan pelanggan dan pengunjung untuk melihat, menyentuh, merasakan, dan mengalami berbagai macam produk dan solusi Bosch - mulai dari solusi mobilitas, teknologi industri, barang konsumsi hingga energi dan teknologi bangunan. Ketiga, sebagai wadah untuk menetaskan anak-anak muda Indonesia yang kreatif dan inovatif serta mendukung mereka untuk mentransformasikan ide-ide mereka menjadi solusi kreatif untuk masa depan.

(iv) Pusat Inovasi terkemuka Vietnam

Selama lebih dari satu dekade, Robert Bosch Engineering and Business Solutions Vietnam (RBVH) telah menduduki peringkat sebagai salah satu tempat kerja terbaik dalam industri teknologi di dalam negeri. Diawali sebagai unit afiliasi yang melapor ke Robert Bosch Engineering and Business Solutions India, dalam 10 tahun terakhir, RBVH telah berkembang pesat menjadi "rumah inovasi" terkemuka di kawasan ini dengan hampir 2.200 insinyur teknologi berkualifikasi tinggi. RBVH secara teratur menyelenggarakan kegiatan internal untuk meningkatkan keterampilan karyawannya serta mengadakan program penjangkauan untuk membina generasi muda.

Pusat inovasi lainnya di Vietnam adalah pusat penelitian dan pengembangan (R&D) otomotif Bosch yang berfokus pada R&D teknologi, produk, dan solusi otomotif Bosch untuk pasar domestik dan internasional, serta membangun tenaga kerja lokal. Saat ini, pusat R&D telah memperluas R&D menjadi konektor elektrik dalam penerapan sistem manajemen mesin dan keselamatan aktif.

PeopleCount Entrance Solution

Inovasi di tengah masa yang penuh tantangan

Perubahan adalah satu-satunya yang konstan dalam hidup. Lihatlah bagaimana pandemi telah mengusik dunia dengan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tiap institusi, individu, dan bisnis. Namun mengapa perusahaan seperti Bosch peduli dengan kapasitas untuk berinovasi, terlebih lagi di masa pandemi? Sebuah artikel dari McKinsey mengungkapkan bahwa perusahaan yang berinvestasi dalam inovasi melalui krisis dapat mengungguli rekan-rekannya selama pemulihan. Inovasi mendorong penciptaan nilai dengan membantu bisnis menemukan cara baru untuk menghadapi perubahan. Selain itu, bisnis dapat memperoleh keuntungan jangka panjang dan keunggulan kompetitif dengan memahami perubahan saat ini dan peluang yang mendasarinya.

Pelanggan adalah motivasi utama untuk inovasi dalam bisnis apa pun. Di Bosch, inti dari menciptakan produk menarik yang sesuai dengan 'Teknologi untuk Kehidupan' adalah pelanggan, dengan menanggapi kebutuhan pelanggan. PeopleCount misalnya adalah solusi manajemen kerumunan inovatif dari Bosch dalam kemitraan dengan Phillips yang dibuat untuk pengaturan publik. Solusi ini memungkinkan pemilik untuk menghitung jumlah orang yang masuk dan keluar dari tempat tersebut. Sistem ini dapat digunakan untuk satu atau beberapa pintu masuk dalam kombinasi dan menampilkan data melalui sistem lampu lalu lintas sederhana. Hal ini memberi kemampuan kepada manajer fasilitas untuk mengelola jarak aman di lokasi secara efektif dan efisien sambil tetap memberi informasi kepada pelanggan mengenai pesan promosi dan keamanan

Budaya Inovasi

Bosch percaya bahwa budaya internal merupakan pendorong penting bagi inovasi perusahaan. Oleh karena itu, kami tidak hanya berinvestasi pada berbagai bidang inovasi, tetapi kami juga mendorong budaya inovatif di antara karyawan kami dalam kegiatan operasional sehari-hari. Budaya inovasi adalah budaya yang secara aktif mendorong dan mendukung pemikiran kreatif, bahkan pemikiran yang tidak ortodoks, dan memungkinkan inovasi untuk mengalir. Kami pernah menerbitkan sebuah artikel tentang inovator perusahaan, dan bagaimana Bosch memotivasi pemikiran kreatif serta pemecahan masalah yang inovatif di dalam organisasi.

Banyak aspek seperti produk, layanan, loyalitas brand, dan masih banyak lagi yang dapat membawa bisnis dan perusahaan menuju kesuksesan. Perhatikan bisnis dan perusahaan yang benar-benar mendominasi pasar, maka akan ada satu kesamaan: semuanya menerapkan inovasi. Inovasi sangat penting bagi bisnis, terutama dalam memenuhi permintaan pasar dan pelanggan yang terus berubah untuk pertumbuhan bisnis. Dengan inovasi yang tepat, bisnis dapat tetap relevan di pasar dan juga membedakan diri dari kompetitor. Bagaimanapun, inovasi memungkinkan bisnis untuk meningkatkan proses, membawa produk dan layanan yang baru atau lebih baik ke pasar, meningkatkan efisiensi dan yang paling penting, meningkatkan profitabilitas.

Hubungi Bosch

Kami menantikan pertanyaan Anda.

Telepon

Kirimkan pesan kepada kami